Cara Mencegah Serangan Ransomware

Cara mencegah serangan ransomware yang menginfeksi perangkat terdiri dari bermaca-macam. Pencegahan ini memang perlu dilakukan guna menjaga perangkat agar tetap aman.

Selain itu, cara mencegah serangan ransomware ini pun bisa menjadi pelindung untuk mengantisipasi serangan ransomware jika sebelumnya pernah terjadi. Mengingat, saat ini kejahatan siber kian marak terjadi di mana-mana.

Oleh karena itu, setiap individu yang memiliki perangkat dan di dalamnya terdapat file penting, lebih baik segera mengetahui serta memahami bagaimana cara mencegah serangan ransomware. Selain meminta bantuan ahli, Anda pun bisa mengatasi dengan sendirinya.

Tahapan Serangan Ransomware

Pada sebuah perangkat, terdapat beberapa tahapan ransomware akan menyerang atau menginfeksi laptop atau komputer.
Tahapan tersebut diawal dengan malware arrival. Setelah malware diklik, akan secara otomatis terkoneksi ke C2C (Command and Control). Kemudian pada tahap penyambungan C2C, malware akan mengunduh file pendukung lainnya untuk menyerang lebih dalam.

Lalu malware akan mencari file penting untuk mencuri data atau penguncian file. Dari penguncian tersebut nantinya korban akan diminta melakukan pembayaran untuk membebaskan data yang sudah terkinfeksi tadi.

Apakah Serangan Ransomware Bisa Diatasi?

Jika Anda bertanya demikian, jawabannya tentu bisa. Seiring para hacker yang semakin pintar mengutak-atik perangkat sehingga virus dapat menyerang, Anda pun harus tahu bagaimana ransomware bekerja, mengatasi, hingga cara mencegah serangan ransomware.

Salah satu hal atau bisa dibilang termasuk dalam cara mencegah serangan ransomware, Anda bisa memisahkan perangkat yang terinfeksi dengan yang tidak terinfeksi.

Selain itu, Anda juga bisa mengantisipasi serangan ransomware dengan menggunakan software antivirus.

Cara pencegahan Serangan Ransomware

Setelah mengetahui bagaimana gambaran kasar terkait tahapan serangan ransomware, hal yang perlu Anda ketahui selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara mencegah serangan ransomware.

Setidaknya ada 6 cara mencegah serangan ransomware yang bisa dilakukan oleh siapa pun.

  1. Back up data

Hal pertama adalah dengan melakukan back up seluruh data-data yang terdapat dalam perangkat. Itu termasuk data-data berharga yang harus dilindungi dari ransomware ini.

Apabila perangkat sudah teinfeksi ransomware, segera lakukan back up data tanpa layanan internet. Hal ini berguna untuk mejaga file atau perangkat yang lain.

  1. Perbarui sistem operasi dan aplikasi

Cara kedua lainnya adalah dengan terus memperbarui sistem operasi sekaligus aplikasi yang terdapat dalam perangkat.

  1. Unduh software antivirus

Seperti yang sering disebutkan, untuk mencegah ransomware juga diperlukan software pendukung, misalnya antivirus. Namun, jangan pula mengandalkan antivirus ini. Anda harus tetap melakukan backup data-data.

  1. Waspada saat download

Sebagai bentuk pencegahan ransomware lainnya, Anda juga perlu berhati-hati ketika akan mengunduh sesuatu. Jangan sampai Anda sembarang mengunduh sesuatu.

  1. Jangan sembarang unduh link pada email

Salah satu cara penyerangan yang dilakukan hacker adalah dengan mengirim link tak dikenal melalui email atau website. Oleh karena itu, pastikan Anda mengeceknya terlebih dahulu dari pengiriman email tersebut.

  1. Matikan file sharing

Terakhir, adalah dengan menonaktifkan file sharing di perangkat.

Seperti yang sudah dikatakan, untuk mengatasi permasalahan ransomware ini pun perlu dilakukan. Selain bisa mengatasinya sendiri, Anda juga bisa meminta bantuan dari para ahli ketika kebingungan mengatasi permasalahan ransomware ini. Misalnya dari salah satu perusahaan IT bernama Digipedia.

Penulis: Aprilia Wahyu

Leave a comment