Cari Tahu Cara Kerja Ransomware

Cari tahu cara kerja ransomware menjadi hal terpenting untuk menjaga keamanan perangkat. Dengan mencari tahu hal tersebut, setidaknya Anda bisa siap siaga atas kejahatan siber tersebut.

Selanjutnya, ketahui terlebih dahulu apa itu ransomware. Ransomware merupakan jenis malware yang berbahaya karena dapat menyerang perangkat, seperti komputer atau laptop. Adanya malware dalam perangkat akan membuat data-data terenkripsi. Ini menjadi hal yang krusial khususnya dalam perusahaan. Oleh karena itu, Anda harus cari tahu cara kerja ransomware.

Perlu diketahui, malware yang aktif dalam perangkat akan terus bekerja. Hal itu membuat data atau file terkunci sehingga tidak bisa dibuka. Jika dibiarkan, data atau file penting Anda atau perusahaan tentu dalam bahaya. 

Sebelum akhirnya data terkunci dan malware aktif dalam perangkat, ransomware bertindak dengan beberapa cara.

Supaya tidak penasaran, yuk cari tahucara kerja ransomware yang dilakukan oleh para hacker.

1. Exploit

Ini merupakan langkah pertama yang dilakukan para hacker. Tujuan dari cara ini adalah mencari kelemahan sistem.

Karena hal itu, Anda perlu berhati-hati karena alat ini bisa diselipkan pada situs web yang berisi iklan. Apabila mengeklik tombol tersebut, Anda kemudian akan diarahkan ke halaman yang di dalamnya berisi perintah untuk mengunduh eksploit ini.

2. Malicious Email Attachment

Aksi kedua cara ransomware adalah dengan malicious email attachment. Melalui cara ini, nantinya para hacker akan menggunakan email yang kelihatannya kredibel. Selain itu, format yang ditampilkan pun dapat bervariasi. Itu seperti .exe, .doc, .js, .msi, atau .ppt.

Email yang terkesan kredibel tersebut gunanya untuk mengecoh korban. Jadi, para hacker tidak mencurigakan. Padahal file-file yang diunduh tersebut ternyata mengandung ransomware yang dapat membahayakan perangkat.

3. Tautan Dalam Email

Selain menyamar melalui selipan iklan di website, para hacker juga menyebarkan virus melalui tautan. Biasanya tautan tersebut ada pada link email yang sebelumnya dibuat meyakinkan. 

Ketika sudah mengeklik email tersebut, korban kemudian akan diarahkan untuk mendownload file pada situs yang sudah berisikan serangan ransomware.

Nah, itulah kurang lebih bagaimana cara kerja ransomware pada sebuah perangkat.

Ransomware tersebut begitu berbahaya, terutama untuk keamanan data serta file. Oleh karena itu, ketika perangkat Anda kelihatan sudah terdeteksi virusnya, lebih baik segera diatasi. Dalam hal ini, salah satu perusahaan IT di Indonesia Digipedia menjadi solusi atas permasalahan tersebut.

Leave a comment