Yuk, mengenal community marketing dan brand community! Semakin berkembangnya zaman, terdapat banyak strategi marketing yang dapat anda terapkan untuk meningkatkan angka penjualan. Pernah mendengar istilah community marketing? Atau brand community?

Mengenal community marketing dan brand

Community marketing merupakan strategi pemasaran yang melibatkan bisnis secara aktif dan bertujuan sebagai sarana interaksi dengan beberapa pelanggan yang sudah ada. Interaksi ini dapat dilakukan secara langsung (offline) maupun tak langsung (online). Jika dilakukan secara online, biasanya dapat menggunakan beberapa platform sosial media, seperti grup Facebook dan forum online.

Fokus utama dari community marketing ini ialah membangun dan mempertahankan relasi atau hubungan yang baik antara pemilik bisnis dengan seluruh konsumen. Lalu, apa itu brand community? Brand community merupakan sebuah wadah untuk pemilik usaha atau bisnis yang ingin mempromosikan produk atau jasa mereka. Biasanya, dalam kelompok ini terdapat orang yang tentu tertarik dengan produk atau jasa yang anda tawarkan.

Lantas, apakah mengenal community marketing dan brand community penting untuk sebuah perusahaan atau bisnis yang sedang anda kembangkan saat ini? Simak beberapa manfaat dari community marketing dan digital community di bawah, yuk!

  1. Memahami Kebutuhan Konsumen
    Untuk melakukan proses community marketing, tentu anda perlu memberikan tempat bagi calon pembeli yang sedang mencari kebutuhan produk atau jasa mereka. Dengan menggunakan brand community, akan memudahkan anda selaku pemilik bisnis bertemu dengan calon pelanggan. Brand community dapat menjadi ladang bisnis yang tepat.
  2. Memperluas Jangkauan Konsumen
    Sebelum menerapkan community marketing, anggota dalam brand community secara tidak langsung akan memberikan kesan mereka atas produk atau jasa yang anda tawarkan. Jika produk atau jasa yang anda tawarkan membuat kesan baik, mereka akan mempercayai bisnis anda. Bahkan, semakin banyak ulasan dari mereka, jangkauan bisnis anda akan semakin meluas.
  3. Memudahkan Interaksi dengan Konsumen
    Brand community juga memudahkan para calon pembeli untuk menemukan kebutuhan mereka. Dengan menggunakan wadah ini, bisnis anda dan calon konsumen akan dengan mudah berinteraksi dalam menentukan produk yang sesuai. Sedangkan di sisi community marketing, hal ini dapat memungkinkan anda mendapatkan informasi terkait saran dan kritikan yang dapat memperbaiki bisnis anda.

Selain tiga poin penting di atas, masih banyak manfaat yang dapat anda dapatkan. Jadi, apakah sekarang siap untuk mencoba strategi community marketing dan brand community untuk bisnis yang sedang anda kembangkan? Jika anda masih merasa ragu untuk melakukan pemasaran di era digital, anda dapat menggunakan jasa kami dalam digital marketing serta pembuatan website dengan mengunjungi laman berikut, https://pt-dgi.com/web-app/

Leave a comment