Ransomware Terbaru di 2021

Kini menjadi sebuah ancaman ransomware terbaru di 2021 karena targetnya ialah organisasi pemerintah dan perusahaan swasta untuk memberikan dampak negatif terhadap data yang dimilikinya.

Serangan ransomware yang terjadi pertama di 2021 terjadi pada awal tahun, korbannya ialah perusahaan industri komputer. Para peretas diduga menggunakan ransomware jenis Revil. Ransomware baru ini dapat mengakibatkan rusaknya jaringan pada sebuah pabrik yang berada di Taiwan. Mereka kehilangan data-data penting perusahaan dan harus membayar tebusan sejumlah 50 juta USD dalam bentuk kripto monero.

Lalu pada bulan April, salah satu tim bola basket ternama yakni NBA juga menjadi sasaran para peretas. Karena serangan ransomware ini mereka telah kehilangan data penting para pemain termasuk kontrak kerja dan catatan keuangan tim basket yang kurang lebih sejumlah 500 GB.

Terdapat beberapa ransomware lainnya yang perlu diwaspadai di tahun 2021 ini, di antaranya ialah Ryuk, Netwalker, Maze (defunct), Doppelpayner, Sodinokibi (REvil), Conti, Snatch, Defray777, Dharma, Bitpaymer, dan SamSam.

Cara Mengetahui Jenis Virus Ransomware TERBARU 2021

Karena kasus penyerangan ransomware semakin bertambah tiap tahun, semakin banyak jenis ransomware terbaru yang hadir di 2021. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui jenis ransomware apa yang menginfeksi file dalam komputer anda. Caranya ialah, menggunakan tools dalam Bitdefender. Berbeda dengan antivirus pada umumnya yang tidak dapat melakukan Decrypt kepada file-file yang terkena ransomware. Hal ini dikarenakan antivirus tidak memiliki fungsi decryptor, biasanya toolsnya terpisah dari antivirus.

Anda dapat mengunduh file Bitdefender Ransomware Recognition Tools yang merupakan Exe Portable dengan ukuran 11 MB. File Bitdefender ini membutuhkan dua parameter. Dengan menggunakan tool dari Bitdefender, berdasarkan sampel data yang anda kirimkan akan dilakukan pencarian jenis ransomware apa yang menginfeksi file di komputer anda.

Setelah mengetahui jenis ransomware, barulah anda dapat melanjutkan proses pencarian jenia decryptor untuk membuka file tersebut. Masih merasa kesulitan atas permasalahan ransomware yang anda hadapi? anda dapat menggunakan jasa kami dengan mengunjungi laman berikut https://pt-dgi.com/web-app/

Penulis: Hafidjah Nuraulia

Leave a comment