Startup Bangkit dari Pandemi
Startup Bangkit dari Pandemi, Pandemi memang telah memukul semua sektor ekonomi , tidak ada satupun perusahaan yang tidak merasakan dampaknya. Banyak sekali perusahaan yang dipaksa tutup karena pandemi ini. Para karyawan banyak yang dirumahkan. Pebisnis Startup pun merasakan hal yang sama, merasakan kemrosotan akibat dengan adanya pandemi ini. Untuk startup yang besar mungkin mereka mempunyai dana saving yang cukup untuk perusahaanya. Bagaimana untuk startup yang kelasnya masih berkembang dan banyak membutuhkan dana untuk mengembangkan bisnisnya. Tidak banyak startup dengan modal sedikit akhirnya gulung tikar. Dengan modal yang sedikit sangat rentan bangkrut untuk startup yang hitungannya kecil ini.

Startup Bangkit dari Pandemi ,Ketua Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia (Amsevindo) Jefri R. Sirait mengatakan bahwa kebangkrutan sebuah perusahaan rintisan terlihat dari likuiditas yang mereka miliki. Kecerdasan perusahaan rintisan dalam mengatur keungan dibutuhkan pada saat kondisi tertekan seperti saat ini, misalnya dengan memangkas biaya promosi-promosi agar dapat bertahan. Menurutnya startup dibidang Kesehatan dan teknologi masih mungkin bisa bertahan dan berkembang di era pandemi. Meskipun begitu banyak pihak yang menginginkan segera adanya pemulihan ekonomi disemua sektor ekonomi.

lalu bagaimana cara pebisnis startup bangkit dari pandemi. Selalu ada jalan menuju roma , tidak mungkin ada kesulitan tanpa adanya jalan penyelesaian. Artikel ini akan membagikan tips ringan agar startup – startup dengan modal yang kecil tetapi masih berjalan. Berikut adalah strategi startup bangkit dari pandemi :
1.Pembagian Jobdesk
Dalam era pandemi ini banyak perusahaan yang melakukan work from home karena anjuran dari pemerintah. Tentunya mengubah kebiasaan bekerja di kantor menjadi dirumah mungkin hal yang tidak mudah. Karyawan harus mengetahui jobdesk mereka masing-masing dan melakukannya dengan penuh tanggung jawab.
2.Memonitoring kerja karyawan
Bekerja dirumah bukan berarti harus bermalas-malasan atas harus sering memonitoring pekerjaan dari karyawannya. Memonitoring dengan jarak jauh bukan hal yang sulit sekarang , dengan berkembangnya teknologi sekarang telah diciptakan banyak aplikasi untuk memonitoring pekerjaan karyawan anda.
3.Menentukan strategi keuangan
Menentukan strategi keuangan yang pas di era pandemi ini anda harus memikirkan betul-betul keuangan perusahaan anda. Salah-salah perusahaan anda akan mengalami kebangkrutan.
4.Potong pengeluaran
Mungkin anda perlu memotong biaya cost pengeluaran perusahaan anda. Mungkin dana marketing bisa anda potong atau gaji karyawan anda bisa anda potong tetapi dengan jumlah jam kerja yang sesuai juga. Demi menyelamatkan perusahaan anda. Anda harus rela memangkas sebagian pengeluaran.
5.Inovasi dengan biaya rendah
Tetap lakukan inovasi dalam perusahaan anda tetapi dengan biaya yang rendah , mungkin anda harus beralih ke promosi digital yang lebih murah. Atau anda bisa menggunakan media social untuk melakukan inovasi pada perusahaan anda.
6.Memanfaatkan media untuk promosi
Media social adalah platform yang tepat untuk anda dalam menjalankan promosi. Dengan budget yang murah dan hasil yang maximal anda dapat membidik pasar anda dengan mudah.
7.Kerjasama
Lakukan Kerjasama dengan perusahaan lain. Buat inovasi yang menguntungkan kedua belah pihak untuk meningkat income pada perusahaan anda.

startup bangkit dari pandemi diatas kita sudah membahasnya. bagaimana cara dan strategi yang harus diterapkan agar bisnis anda bangkit dari pandemi.

digipedia adalah perusahaan penyedia jasa pembuatan website dan jasa digital marketing yang profesional . kami siap membantu anda dalam mewujudkan website masterpice anda hubungi kami https://pt-dgi.com/web-app/

Leave a comment

X
Welcome to Our Website
Welcome to WPBot