VPS vs Shared Hosting, apa bedanya? Sebelum berencana membuat website, ada baiknya anda mencari tahu jenis web hosting di pasaran. Ada banyak jenis layanan hosting, namun biasanya orang-orang menggunakan shared hosting dan VPS hosting.

VPS vs Shared Hosting

Apa Shared hosting dan VPS hosting? Shared hosting merupakan layanan hosting dengan server yang dapat digunakan secara bersama-sama dengan pengguna website lainnya. Biasanya shared hosting merupakan layanan paling murah dibandingkan dengan tipe hosting lainnya.

Sedangkan VPS hosting lebih membebaskan penggunanya dalam mengelola website dan server. Tetapi, biayanya dalam berlangganan tentu jauh lebih mahal dibanding shared hosting. Selain itu, anda juga tetap mendapatkan fasilitas berbagi server dengan pengguna lainnya.

Jika anda masih bingung untuk menentukan pilihan antara VPS vs Shared Hosting, simak perbandingan keduanya berikut ini,

  1. Keamanan dan Performa
    VPS dan shared hosting memiliki keamanan yang bagus dan stabil. Tetapi, jika shared hosting mengalami error, website lainnya akan terkena dampak. Seperti halnya bila penggunaan bandwidth telah melewati batas. Kecepatan website akan melambat, karena jumlah trafik yang tinggi.
    Sedangkan VPS dapat memastikan setiap websitenya akan berfungsi normal. Jika mengalami kendalan dalam shared hosting, anda dapat beralih ke VPS.
  2. Kontrol
    Jika anda menginginkan layanan hosting yang lebih lengkap, VPS hosting dapat menjadi pilihan terbaik dibanding shared hosting. Pada shared hosting, anda akan dihadapkan pada pengaturan server yang sudah diseragamkan. Pengaturan ini dirancang untuk penggunanya yang belum memiliki pemahaman akan manajemen server.
  3. Administrasi Server
    Pada shared hosting, anda tidak perlu melakukan pemeliharan sistem secara langsung. Hal ini dikarenakan, biasanya provider sudah mengatur shared server, menginstall dan mengupgrade software, memantau server untuk pencegahan downtime, dan memelihara backend.
    Sedangkan, manajemen resource yang dimiliki VPS hosting memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Jika anda menggunakan VPS hosting, anda memerlukan seseorang yang paham akan administrasi sistem dan pengelolaan server. Di sisi lain, VPS hosting memiliki kebebasan bagi penggunanya untuk mengatur dan mengkonfigurasi aplikasi dan software.
  4. Perkembangan Website
    Kapasitas VPS lebih mudah untuk di upgrade dibanding shared hosting. Tetapi, shared hosting akan cocok bagi anda yang baru ingin membuka website untuk bisnis kecil. Jika nantinya trafik website meningkat, anda harus mengubah layanan ke VPS hosting. Namun, jika anda menggunakan VPS hosting dari awal, anda dapat mengelola website anda dari skala yang kecil dan mengembangkannya menjadi lebih besar tanpa mengkhawatirkan keterbatasan bandwidth dan storage.
  5. Harga
    Harga menggambarkan kualitas. Shared hosting tentu memiliki harga yang jauh lebih murah. Hal ini dapat terlihat dari kelebihan dan keunggulan yang ditawarkan VPS hosting.

VPS hosting memiliki keunggulan dan kelebihan yang banyak dibanding shared hosting. Tetapi, jika anda belum merasa membutuhkan website yang besar, tidak ada salahnya memulai dengan shared hosting. Anda dapat memilih layanan hosting sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, anda juga dapat menggunakan jasa kami dalam pembuatan website dan digital marketing, dengan mengunjungi laman berikut, https://pt-dgi.com/web-app/

Leave a comment